Rumus microsoft excel

Rumus Microsoft ExcelAda banyak rumus atau formula yang dapat digunakan dalam microsft excel untuk melakukan operasi perhitungan angka, pengolahan string atau tulisan, dan model pengolahan angka lainya.

 Sebelum membaca ini, perlu diketahui bahwa :

  1. Pengetikan semua rumus dalam microsft excel harus diawali dengan tanda sama dengan =, jika tidak maka rumus akan diabaikan dan dianggap sebagai tulisan biasa.
  2. Pertemuan kolom dan baris yang digunakan untuk mengetikkan angka atau rumus dinamakan cell. Cell masing-masing memiliki alamat yang unik yaitu kode kolomnya A B C D dst dan nomor barisnya 1 2 3 dst, sehingga sebuah cell akan disebut A1 jika berada pada kolom A dan baris ke 1, disebut A10 jika berada pada kolom A baris ke 10 dst.
  3. Kumpulan cell disebut dengan worksheet, sedangkan kumpulan worksheet disebut workbook atau file excel.

Rumus Microsoft Excel

  1. Penggunaan rumus pada excel yang paling mudah yaitu operasi penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian, caranya cukup mudah yaitu dengan menuliskan rumus pada cell tempat menampilkan hasilnya, lihat tabel berikut :
      A B C D
    1 5 6 7 =A1+B1
    2 1 4 3 =A2*B1
    3 5 6 7 =A3/B3
    4 5 6 7 =A4-B4
    Pada contoh diatas pada cell D1 dimasukkan rumus penjumlahan antara A1 dengan B1, sehingga akan menghasilkan nilai 9, begitu juga dengan baris seterusnya dengan operasi berbeda.
  2. COUNT, merupakan rumus untuk menghitung banyak angka(hanya angka) dalam sebuah barisan cell. Contoh =COUNT(A2;A5)
  3. COUNTA, dugunakan untuk menghitung banyak data (dapat berupa angka atau huruf) dalam sebuah barisan cell, rumus ini mirip dengan count tapi menghitung semuanya
  4. COUNTIF, dugunakan untuk menghitung banyak data dengan criteria tertentu, misalnya dalam sebuah range ada beberapa sell yang sama, maka kita dapat menentukan ada berapa banyak sell yang sama tersebut. Contoh =COUNTIF(A1:C4;6) berarti hasilnya 3
  5. SUMIF, digunakan untuk menghitung jumlah data dengan criteria tertentu dan kemudian data yang sama tersebut ditotalkan, caranya cukup dengan memasukkan rangenya, criteria yg sma, kemudian masukkan range yg akan dijumlahkan. Contoh; =SUMIF(F17:F22;2;F17:F22)
  6. SUM, yaitu rumus yang digunakan untuk menjumlahkan total dari beberapa kumpulan cell. Contohnya =SUM(A1:A5)
  7. MIN yaitu rumus yang digunakan untuk mengetahui variable angka yang paling kecil, caranya dengan menggabungkan beberapa range dari yang ingin diketahui jumlah yang paling kecilnya, contoh =MIN(A2:A17)
  8. MAX merupakan kebalikan dari min, caranya pun juga sama contoh; =max(A5:A15)
  9. RIGHT yaitu funngsi untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kanan, caranya dengan memasukkan text atau juga sell yang dipilih. contohnya; =right(B15,3)
  10. MID, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari tengah, cukup memasukkan teks/sellnya kemudian masukkan start num/dimulai dari karakter berapa dan terakhir masukkan isi berapa karakter ingin diisi, contoh; =mid(A5,2,5)
  11. LEFT, ini adala kebalikan dari right, yaitu mengambil karakter dari sebelah kiri, contoh =left(A1,3)
  12. HLOOKUP, merupakan rumus untuk mengambil rumus dari table secara horizontal. Caranya kita harus menentukan range table yang akan jadikan pedoman, dan kemudian tekan f4 di range tersebut guna untuk mengunci range tersebut agar nantinya ketika dicopy rumusnya tidak error. Yang harus dilakukan yaitu, mengisi lookup value,table array,rowindeksnum,dan range lookupnya
  13. VLOOKUP, merupakan kebalikan dari hlookup, dengan mengambil rumus secara vertical. Dan caranya pun juga masih sama dengan Hlookup
  14. IF, merupakan penggunaan rumus yang menurut saya agak sulit karena rumusnya adalah yang paling panjang dan juga menggunakan logika, caranya kita harus menentukan terlebih dahulu apa saja yang ingin  dibuatkan logikanya. Kemudian isi logical test, value is true, da kemudian value is false

Pesan Sponsor

Statistik Web

Total Total Kunjungan : 246296
Today Kunjungan Hari Ini : 19
Online Online User : 1
Update Last Update : 21-03-2014

Share