Pentingnya presentasi dalam dunia bisnis

Dalam dunia bisnis, peran presentasi bisnis cukup penting, karena dengan presentasi sebuah informasi produk barang atau jasa akan lebih dikenal dan tentunya akan memberikan keuntungan sendiri dalam penjualan sebuah produk. Presentasi juga sering digunakan untuk menyampaikan suatu gagasan kepada orang lain. Apa saja keuntungan presentasi bisnis?? berikut ini penjelasanya.

  1. Efisien.
    Dalam jangka panjang presentasi dapat menghemat waktu. Kita semua tahu, bahwa mengirimkan memo, laporan (proposal) dan surat membuat orang menunggu jawaban, bisa berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan. Bahkan mungkin berada pada timbunan yang tidak pernah terjawab. Melalui presentasi lisan, Anda dapat menerima tanggapan dengan cepat. bila ada penundaan umpan balik, setidaknya Anda mengetahui bahwa presentasi Anda telah didengarkan.
  2. Efektivitas.
    Komunikasi tatap muka memungkinkan Anda mengamati umpan balik verbal dan non verbal.Sebagai penyaji , Anda dapat memahami arti naiknya alis mata pendengar ketika memberikan harga yang mahal. Andapun dapat melihat anggukan dan senyuman bila Anda mengesankan. Anda dapat memberi penjelasan tambahan jika penyimak tampak bingung. Bila audien (khalayak) yamulai melihat arloji, Anda secepatnya mengakhiri presentasi.
  3. Pengaruh.
    Media lisan menawarkan pengungkitan peluang pada saat Anda mencoba mempengaruhi khalayak. Sebagai contoh, sebagian besar orang sulit mengatakan "tidak" jika berhadapan langsung secara pribadi.

Saking pentingnya sebuah presentasi, seringkali proposal tertulis yang dilampirkan diabaikan dan orang lain lebih tertarik dengan bagaimana kita menyampaikan sebuah informasi maupun gagasan dari lisan serta visualisasi kita.

Pesan Sponsor

Statistik Web

Total Total Kunjungan : 246296
Today Kunjungan Hari Ini : 19
Online Online User : 1
Update Last Update : 21-03-2014

Share