Jenis-jenis Tablet PC

Tablet PC adalah komputer portabel yang dilengkapi dengan stylus atau touch screen sebagai pengganti keyboard dan mouse. Dengan menampilkan desain yang minimalis serta teknologi touch screen dengan kemudahan berbagai konektivitas seperti Wi-Fi atau 3G GSM membuat popularitas tablet PC semakin hari semakin meningkat. Munculnya PC Tablet membuka kategori perangkat baru yaitu perangkat mobile, menjadi solusi alternatif yang menginginkan perangkat yang dapat difungsikan layaknya PC. Tablet PC yang dianggap gabungan laptop/PC dengan smartphone dapat dijadikan perangkat bagi anda yang suka kemudahan dalam aktivitas yang padat.

Disini kita akan mengenal beberapa produk tablet PC yang ada di pasaran dan bersaing dengan keunggulan masing-masing.

1.      iPad

Apple setelah berhasil dengan iPod, iTunes, iMac, dan iPhone mengeluarkan produk yang telah laku keras di dunia yaitu iPad. Dengan menggabungkan media seperti buku, film, musik, game dan akses web dala sebuah perangkat mobile ini memang menyerupai fitur-fitur iPhone, namun memiliki tampilan layar yang lebih lebar.

Apple menyediakan iPad dalam 3 pilihan memory, yaitu 16 GB, 32 GB, dan 64 GB, serta 2 pilihan model koneksi, yaitu Wi-Fi dan Wi-Fi+3G GSM. Processor iPad menggunakan dual-core A5 sehingga kecepatanlah yang diutamakan dalam mebantu perangkat ini berjalan.

Tablet PC ini menggunakan teknologi touch screen pada display dengan diameter 25 cm (9.7 inci). Dengan daya tahan baterai iPad adalah 10 jam dengan penggunaan Wi-Fi, video atau mendengarkan musik. Sistem operasi yang ditanam di dalamnya adalah iOS 4. Beberapa fitur software dari iPad, antara lain: browser Safari, mail client, pengelolaan foto, akses Youtube tanpa harus melalui browser, iPod untuk memainkan musik, iTunes untuk mendownload musik, App Store untuk mendownload aplikasi iPad, iBooks untuk mendownload dan mengelola e-book, Maps untuk melihat peta resolusi tinggi dari satelit dan Street View Images, Notes, Calender, Contact, dan Spotlight search untuk melakukan pencarian cepat dengan mengetikkan keyword. Kamera pada iPad menggunakan kamera depan dan belakang. iPad juga menggunakan Wi-Fi dan 3G. Ada juga fasilitas iWork untuk membuat presentasi, dokumen dan spreadsheet seperti Keynotes, Pages and Numbers.

2.   The JooJoo

Produk tablet PC yang bernama The JooJoo diluncurkan oleh perusahaan Fusion Garage yang berlokasi di Singapura. The JooJoo mengutamakan perangkat pengakses internet yang menjanjikan full web experience. The JooJoo mampu mendeliver internet dalam waktu 9 detik. Perangkat ini memiliki ukuran diameter display sebesar 30 cm dengan tampilan depan berupa icon grid dengan wallpaper beresolusi tinggi yang dapat dikustomisasi. Dengan layar 12.1 inci.

Processor yang diletakkan di dalamnya yaitu Intel Atom 1.6 GHz, memory sebesar 4 GB yang dilengkapi dengan grapics chipset nVIDIA Ion. Keunggulan lain dari The JooJoo ini adalah dukungan untuk menjalankan teknologi Adobe Flash serta full screen HD Video melalui video player yang ada di JooJoo. Beberapa format video yang dapat dijalankan pada JooJoo adalah AVI, MPEG-4, MOV, WMV dan WMA, FLV (Flash Video), VOB, OGG, OGM and OGV, MKV (Matroska), DiVX, dan XVID. Koneksi yang didukung The JooJoo hanya Wi-Fi dan Bluetooth, tanpa 3G.

3.    Axiotron Moodbook

Axiotron Moodbook menggunkan sistem operasi MacOS x.v 10.5 Leopard, merupakan teknologi dari Apple Macbook yang dibeli oleh perusahaan Computer Warehouse. Computer Warehouse kemudian menyerahkan desainnya kepada Axiotroon, Inc.

Teknologi yang ingin memanjakan user mulai dari touch screen dan display TFT, processor Intel Core 2 Duo dengan kecepatan 2.1 GHz, memory utama dari Moodbook didukung dengan adanya 2 slot DIMM DDR2, diameter display sebesar 13.3 inci dengan resolusi minimal 1280 x 800.

Fiur yang ada di Moodbook adalah fitur handwriting capabilities yang didasarkan dari teknologi OS X, yaitu Inkwell, fitur GPS dengan software GPSUtility yang memungkinkan untuk menampilkan data stream dari GPS dan menggambarkan diagram lokasi satelit dan kekuatan sinyal.

4.   Lenovo Ideapad

Tablet PC Lenovo Ideapad disebut sebagai tablet Hybrid Notebook karena menggabungkan kedua teknologi tersebut. Disebut sebagai notebook karena memiliki keyboard dan dapat beralih fungsi menjadi tablet PC ketika keyboard dilepas dari body notebooknya menjadi tablet PC. Saat digabungkan dengan keyboard, Lenovo Ideapad memiliki 2 processor yaitu processor untuk notebook dan tablet PC. Sistem operasi yang dipakai adalah Windows 7.

Spesifikasi pendukungnya yaitu daya tahan baterai maksimal 8 jam untuk sekali pengisian dan 6 jam ketika di laptop. Fasilitas seperti koneksi 3G, Wi-Fi, dan Bluetooth juga dapat dishare antara tablet dan notebook. Lenovo Ideapad juga memiliki fitur standar seperti laptop yaitu 3 port USB (satunya menjadi port eSATA/USB combo, VGA, HDMI, Ethernet (RJ-45), dan 4-in-1 reader (Multimedia Card, Memory Stick, Memory Stick PRO, Secure Digital Card).

Pada mode tablet PC, beberapa fitur dari Lenovo Ideapad antara lain:

  • Lenovo Natural Touch. Fitur ini menjanjikan sentuhan langsung dan responsif.
  • VeriTouch Login System. Adanya fitur touch screen, sistem login menjadi lebih asyik dengan cara bermain puzzle serta menggambar.
  • E-Book Reader. Jika pengguna memiliki file (.pdf) atau (.txt), Lenovo Ideapad bisa membaca secara virtual sehingga tampilan file kita terbaca layaknya e-book.

5.    Samsung Galaxy Tab

Samsung merupakan perusahaan elektronik terkemuka di dunia dengan spesialisasi pada media dan perangkat digital, semikonduktor, serta integrasi sistem ikut juga meramaikan pasar tablet PC dengan mengeluarkan produk Samsung Galaxy Tab versi 10.1.

Samsung Galaxy Tab sudah mendukung teknologi broadband 3G HSDPA-HSUPA untuk layanan transfer berkecepatan tinggi. Produk ini mengusung layar sentuh TFT capactivive 10,1 inci, 16 M warna dengan dukungan resolusi 800 x 1280 pixel, yang berjalan di atas teknologi platform Android versi 3.0 (Honeycomb). Samsung Galaxy Tab telah dibekali dengan otak processor berkemampuan tinggi, 1 GHz dual-core. Produk ini juga dilengkapi dengan teknologi nirkabel Wi-Fi ini dibekali dengan memori internal 16/32/64 GB serta sebuah slot microSD untuk ekspansi kapasitas hingga 32 GB. Terdapat kamera 3.15 MP terintegrasi yang juga dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas tinggi (720P). Didukung oleh fitur dari Google Mobile Service (Android Market dll). Untuk pengerjaan dokumen disediakan Mobile Office untuk word, powerpoint, excel.

6.    BlackBerry 4G PlayBook

BlackBerry, brand ternama perangkat seluler besutan perusahaan Kanada, RIM (Research in Motion) juga ikut meramaikan pasaran tablet PC dengan meluncurkan BlackBerry PlayBook yang diluncurkan dalam 4 jenis berbeda, yakni BB PlayBook, BB PlayBook LTE, BB PlayBook WiMAX dan BB PlayBook HSPA+.

RIM telah memberikan processor 1 GHz dual-core dan RAM 1 GB pada produk mereka. Mengusung layar sentuh TFT Capacitive 7 inci, 16 M warna, dengan dukungan resolusi layar 600 x 1024 pixel, produk ini berjalan dengan sistem operasi BlackBerry Tablet OS. Untuk jenis BB PlayBook 4G HSPA+, produk ini juga sudah mendukung layanan teknologi 3G HSDPA-HSUPA. Memori internal berkapasitas 16, 32, dan 64 GB, dilengkapi juga dengan 2 kamera terintegrasi (5 MP di belakang dan 3 MP di depan) yang mampu mengambil gambar dengan resolusi 1080 P. 

7.   Dell Streak 7

Dell ikut menyemarakkan pasar tablet PC dengan meluncurkan produk seri Dell Streak 7 setelah sebelumnya meluncurkan seri 5. Produk ini diluncurkan dalam 3 jenis, yakni Dell Streak 7, Dell Streak 7 Wi-Fi dan Dell Streak Wi-Fi + 4G.

Dell Streak 7 mengusung layar sentuh 7 inci TFT capacitive dengan dukungan teknologi Gorilla Glass display untuk hasil tampilan yang bening dan mengesankan. Tablet PC yang hanya berbobot 453,6 g ditanam processor 1 GHz dari nVIDIA Tegra 2 Dual Core. Untuk Dell Streak 7 Wi-Fi, produk ini mendukung teknologi broadband 3G, teknologi nirkabel Wi-Fi, serta dapat difungsikan sebagai Wi-Fi hotspot. Dengan kapasitas memori internal 16 GB, tablet PC ini disertai dengan slot microSD untuk penambahan kapasitas hingga 32 GB. Untuk urusan kamera, Dell menyertakan kamera 5 MP dengan fitur autofocus, LED Flash dan Geo Tagging untuk pengambilan gambar.

8.    HP TouchPad

PC tablet ini diusung oleh HP dengan layar sentuh 9,7 inci capacitive dan resolusi 1024x768. Fitur yang dipakai HP TouchPad seperti Acceleremetor sesor, multitouch screen, serta Gyroscope sensor. Perangkat yang sudah mendukung teknologi nirkabel Wi-Fi, GPS, 3G dan Bluetooth berjalan di atas platform HP WebOS dengan processor Qualcomm Snapdragon dual CPU APQ8060 1,2 GHz. HP juga menyertakan kamera 1,3 MP untuk video calling. Memory penyimpanan internal bisa dipilih yaitu 16 GB atau 32 GB.

 9.     AXIOO Pico Pad

AXIOO, perusahaan komputer lokal Indonesia ikut menyemarakkan pasar tablet PC dengan meluncurkan AXIOO Pico Pad memakai platform Adroid 2.2 (Froyo) buatan Google.

AXIOO Pico Pad mengandalkan kinerja processor Qualcomm ARM11 600 MHz dengan kapasitas memory internal RAM 512 MB dengan memori eksternal microSD sampai 16 GB. Dengan adanya bahasa Indonesia pada perangkat ini untuk memberikan kemudahan kepada pemakainya. Layar sentuh 7 inci pada perangkat ini disertai dengan kamera terintegrasi (3 MP dan 0,3 MP). Kecanggihan teknologi 3G,nirkabel Wi-Fi, GPRS, Bluetooth, Edge, dan USB telah ada dalam perangkat ini. Software didukung oleh android mulai dari Android Market, Gmail, Youtube dan lain-lain.

10.   OlivePad

Gabungan antara Olive Telecom dan Haier Mobile akhirnya menghasilkan perangkat tablet PC inovatif dengan meramaikan penjualan PC Tablet yang diberi nama OlivePad. Mengusung teknologi platform Android 2.2 (Froyo) yang didesain khusus untuk pemakaian aplikasi internet based secara optimal. Olive Pad diproduksi di negeri India.

OlivePad mengusung layar sentuh 7 inci capacitive yang diberi processor dari AEM11 600 MHz serta memori internal 512 MB. Perangkat ini didukung beragam aplikasi canggih, seperti teknologi nirkabel Wi-Fi, 3G dan GPS juga disertai Office Documents untuk menunjang user dalam bekerja. Untuk mendukung fungsi video calling, telah disertakan fitur dual camera terintegrasi. Dilengkapi juga e-book reader, Mobile TV, Mobile Maps, Notes, Calender, youtube, music player.

11.   EG Touch

EG Memory, sebuah brand terkemuka produk TI yang berbasis di Hongkong. Mereka juga memperkenalkan PC tablet yang diberi nama EG Touch EGT-2818. Dengan didampingi PT. Datasrip, perusahaan pemasaran perangkat EG Touch di kawasan Indonesia.

PC tablet besutan EG Memory ini menanam processor Rockchip 2818 1 GHz dengan RAM 256 MB. Dengan teknologi platform Android 2.1 (Eclair), pengguna dimudahkan dalam instalasi aplikasi Android menggunakan fitur APK-Installer yang dapat diakses langsung dari layar sentuh 7 inci. EG Touch juga dilengkapi dengan 3G, built-in Wi-Fi dan Wi-Fe serta Mobile TV.

12.    CISCO Cius

CISCO perusahan pemasok jaringan komputer terkemuka dunia meluncurkan PC tablet diberi nama CISCO Cius dengan teknologi platform Android berbasiskan open source code besutan Google.

PC tablet yang berbobot 0,5 kg ini telah dibekali fitur seperti, streaming videoHD, multiparty conferencing, e-mail, messaging, aplikasi browser serta aplikasi telepresence. CISCO Cius mengusung layar sentuh 7 inci dan dilengkapi kamera HD 720P. Perangkat ini juga sudah mendukung layanan teknologi broadband dari 4G (Fourth Generation). Disamping itu, CISCO Cius telah disertai dengan layanan Cloud Computing yang memungkinkan user untuk menyimpan dokumen di internet sehingga bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

13.    Tabulet Mech

Perangkat Tabulet Mech diproduksi oleh ERASA perusahaan yang fokus pada produksi perangkat PC tablet.

Tabulet Mech mengusung teknologi platform Android 2.1 (Eclair) telah dibekali dengan processor TelechipsTC8902 720 MHz ARM 11 serta memory 256 MB DDR2 SDRAM. Perangkat ini menggunakan layar sentuh TFT 7 inci sebagai media interface. Tabulet Mech juga mendukung untuk pemutaran video 1080P(HD). PC tablet yang sangat ringan ini (320 g, hanya 1/3 dari berat iPad) juga sudah mendukung teknologi nirkabel Wi-Fi untuk kemudahan akses tanpa batas. Untuk media penyimpanan, telah disediakan 2 GB NAND Flash memory ditambah dengan microSD eksternal yang dapat diupgrade hingga 320 GB.

14.  Tabulet Troy

Tabulet Troy diluncurkan oleh Erasa dengan layar 7 inci dilengkapi processor ARM Cortex A9. Dilengkapi dengan Open GL ES 2.0 dan kartu grafis 3D Arm Mali-400. Troy sudah dilengkapi dengan remote control untuk mengontrol aplikasi pemutar film dari jarak jauh.

Layar Troy sanggup memutar video HD 1080p tanpa hambatan. Sedangkan sistem operasi yang dipakai Android 2.2 (Froyo). Untuk penyimpanan, kapasitas memori Troy adalah 4 GB dan memori sistem 512 MB (DDR2). Dengan daya tahan baterai 10 jam normalnya dan 6 jam kalau online. Konektivitas mulai dari 3G dan Wi-Fi.

15.  HTC Flyer

HTC meluncurkan tablet pertamanya, HTC Flyer, untuk pasar Indonesia. Flyer adalah tablet tujuh inci yang dijadikan andalan HTC untuk memasuki pasar tablet yang mulai sesak. Flyer memakai layar tujuh inci dengan resolusi 1.024 x 400 pixel. Teknologi yang unik adalah Magic Pen yang bisa diaktifkan dengan sebuah tombol di bawah layar. Pena ini bisa dipakai menulis apa pun di layar, kecuali pada saat layar memainkan video karena terkait dengan lisensi. Hasil tulisan beserta screen shot di layar kemudian diubah menjadi berkas gambar (jpg) dan bisa dibuka dengan aplikasi bernama Evernote. Aplikasi dari pihak ketiga yang sudah tertanam di Flyer (pre-installed) ini mirip Microsoft OneNote. HTC Flyer ini masih memakai sistem operasi Android 2.3 alias Gingerbread. HTC memperkenalkan beberapa layanan baru, seperti HTC Watch, yakni layanan sewa dan streaming film serta video, HTC Listen untuk layanan toko musik daring, serta HTC Read untuk membeli dan membaca buku elektronik.
Flyer memakai proccesor Snapdragon dari Qualcomm, yang memiliki kecepatan 1,5 GHz tapi masih single-core. Konektivitas lengkap Wi-Fi dan 3G, memori internal 32 GB.

16.   Asus Padfone

Asus juga tidak mau kalah dalam mengeluarkan produk PC tablet yaitu Padfone. Padfone, tablet yang dilengkapi dengan smartphone. Ya, kombinasi dari kedua perangkat ada pada Padfone. Padfone dilengkapi dengan smartphone yang bisa dipasang dibadan tablet yang berfungsi menjadi semacam dock.

Tablet berlayar 10,1 inci dan di bagian belakangnya ditaruh smartphone berlayar 4,3 inci. Konsepnya memang memadukan smartphone dan PC tablet tapi bukan dalam perangkat tunggal. Tim desain Asus merancang bagian belakang tablet tersebut agar bisa menjadi dock atau tempat dudukan untuk menyambungkan smartphone pasangannya. Idenya didasari banyak pengguna PC tablet dengan koneksi Wi-Fi saja yang suli mengakses internet jika tak menemui hotspot. Saat smartphone digabungkan pada PC tablet maka tampilan layarnya pun langsung muncul dengan ukuran lebih besar di layar tablet secara otomatis dan menerima telepon bisa lewat tablet. Kekuatan baterai smartphone lebih awet dengan digabungkan pada tablet PC.

 

17.   Asus Ee Pad Transformer

Asus juga mengeluarkan tablet PC lainnya yaitu Asus Ee Pad Transformer. Walaupun dengan layar sentuh, toh bisa dipakai dengan QWERTY keyboard docking station untuk yang suka adanya keyboard dengan 2 port USB, SD card reader dan dayatahan baterai hingga 16 jam.

Fitur lainnya seperti IPS Panel  yang anti gores, dual camera (muka (1.2 MP), belakang (5 MP auto focus), video playback Adobe Flash 10.2. Asus juga mengembangkan user interface bernama Waveshare dengan aplikasi MyNet, MyLibrary dan MyCloud. Sistem operasi yang tertanam adalah Android 3.0 (Honeycomb). Dengan layar 10.1 inci dan platform NVIDIA Tegra 2, memory DDR2 1 GB serta media penyimpanan 16 GB/ 32 GB. Konektivitas lengkap seperti Wi-Fi, 3G, GPS, E-Compass dan lain-lain.

 

18.  Acer Iconia A500

Acer juga turut meramaikan pasar PC tablet dengan melempar produk yaitu Acer Iconia. Dengan dua model yaitu 16 GB dan 32 GB, memakai sistem operasi Android 3.0 (Honeycomb). Processor yang digunakan NVIDIA Tegra 2.1 GHz dual-core. Memori 1 GB RAM. Layar sentuh ukuran 10.1 inci resolusi 1280x800 pixel. Kamera yang dipakai adalah kamera depan (5 MP) dan belakang (2MP). Media penyimpan 16 GB ditambah microSD yang mendukung 64 GB. Kartu grafis dipakai adalah NVIDIA GeForce. Konektivitas pada Iconia adalah Wi-Fi, USB dan Micro HDMI.

Diatas Cuma beberapa produk yang saya ketahui dari majalah dan internet. Semakin bingung kan memilih PC Tablet/Tablet PC. Ada beberapa faktor yang dapat anda jadikan pertimbangan dalam memilih dan membeli PC Tablet ini.

  • Harga, sesuaikan dengan kemampuan dompet anda, jangan paksakan diri anda membeli PC Tablet ini, tapi uang tidak ada.
  • Fitur yang dipasang di PC Tablet apakah condong ke multimedia atau untuk urusan kantor.
  • Spesifikasi processor dan kapasitas memory. Sesuaikan dengan keperluan anda, kegiatan multimedia (games, nonton film) atau bisnis (kerja).
  • Aplikasi yang disediakan. Semakin banyak aplikasi yang disediakan dan sesuai kebutuhan anda, maka tidak salahnya anda memiliki dan mengeksplor lebih jauh PC Tablet.

Pesan Sponsor

Statistik Web

Total Total Kunjungan : 144629
Today Kunjungan Hari Ini : 11
Online Online User : 1
Update Last Update : 21-03-2014

Share